KOMPETISI BLOG PIALA BAPAK DINO PATTI DJALAL


TEKNOLOGI MAJU INDONESIA UNGGUL
Oleh : Dany Firmansyah

Dimasa kini teknologi sangat menentukan terhadap kemajuan sebuah negara.Teknologi sangatlah berpengaruh besar terhadap kemajuan negara,bahkan kemajuan suatu negara dapat diukur dari kemajuan teknologinya,karena teknologi tidak pernah luput dalam kehidupan sehari hari, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang selalu menggunakan teknologi sebagai alternatife untuk memudahkan pekerjaan mereka.Oleh karena itu perlunya generasi muda Indonesia untuk lebih mengutamakn perkembangan teknolog,dan tidak hanya menggunakanya saja tapi para generasi muda juga harus selalu ber inovasi dalam menciptakan teknologi yang terbuaru.
Perkembangan pesat pun telah dialami Indonesia dalam bidang teknologi.Namun perkembangan ini bukan perkembangan dalam penciptaan tekonologi baru,tetapi perkembangan dalam pemesanan berbagai alat-alat teknologi oleh masyarakat Indonesia.Hal ini disebabkan karena masyarakat Indonesia selalu menyepelekan penciptaan teknologi baru, dikarenakan pola pikir masyarakat Indonesia adalah membeli lebih mudah dan murah daripada membuat, serta faktor banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak mau tahu dan belajar tentang teknologi,ditambah lagi kurangnya minat belajar para generasi muda di daerah pedesaan,seperti contoh di desa saya suryakarta kec.mesuji makmur kab.ogan komering ilir sumatera selatan masih banyak anak-anak usia seokolah yang tidak tamat SD
. Minimnya minat baca masyarakat Indonesia juga merupakan salah satu faktor ketertinggalan teknologi di Indonesia. Terutama para siswa yang kini semakin meninggalkan tradisi membaca yang seharusnya menjadi kebiasaan siswa Indonesia. Sebagai penerus bangsa, seharusnya para siswalah yang wajib membaca terutama membaca buku agar tidak ketinggalan informasi terhadap bangsa lain. Penyuluhan terbarulah yang diperlukan di Indonesia. Penyuluhan baru tentunya butuh strategi baru yang handal. Jika strategi penyuluhan yang dikeluarkan tetap seperti dulu, masyarakat akan bosan sehingga tidak tertarik lagi untuk membaca. Selain sosilasasi dengan straregi baru, perlu fasilitas yang mendukung dan menarik masyarakat untuk membaca . Bila masyarkat tertarik tetapi fasilitasnya buruk,apa gunanya pemerintah mensosialikan untuk membaca buku?. Pemerintah perlu mendata tempat-tempat membaca seperti perpustakaan dan apabila perpustakaan itu rusak pemerintah segera memperbaikinya. Jadi semuanya lengkap dan tepat untuk masyarakat.
Oleh karena itu generasi muda bangsa Indonesia harus dipupuk sejak dini,hal ini akan memudahkan mereka untuk dibimbing kedepanya agar lebih baik dalam memimpin negara ini di masa yang akan datang.Tidak seperti di masa masa sebelumnya yang mana bangsa Indonesia tidak mementingkan kemajuan teknologinya,para pemimpin kita lebih mementingkan kepentinganya sendiri,mereka lebih mementingkan ke egoisannya sendiri dan tidak memikirkan apa akibat dari perbuatan mereka sendiri.Sebagai contoh adalah banyaknya korupsi di Indonesia yang kenyataanya dilakukan oleh para petinggi negeri ini.Hal ini membuktikan kurang adanya rasa kesadaran para pemipin negeri ini,walaupun tidak semuanya seperti itu.Apabila mereka saadar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan sumber daya yang dimiliki,maka mereka tidak akan melakukan hal itu.Mereka seharusnya bisa memanfaatkan sumber daya yang sangat berlimpih di negeri ini,tapi apa buktinya sebagian dari mereka malah tidak mau tau.Namun kita juga tidak bisa menyalahkan para pemipin negeri ini,mungkin saja mereka tidak mempunyai teknologi yang cocok untuk bisa mengembangkan sumber daya yang dimiliki.Sebagai contohnya sumber daya alam yang dimiliki oleh daerah di papua,yang mana pemerintah Indonesia tidak mampu mengelola sumber daya alam yang telah dimiliki.Hal ini disebabkan kurang majunya teknologi bangsa Indonesia sehingga tidak bisa mengelolanya sendiri dan menggunakan bantuan tenologi dari negara lain.Dan akhirnya kita sebagai pemilik sumber daya alam itu hanya bisa melihat negara laina yang menikmatinya. Lain hanlya dengan  negara Singapura. Meskipun negara tersebut miskin akan sumber alam, namun beberapa terobosan guna memajukan iklim penelitian di sana telah dilakukan. Antara lain: pemberian insentif bagi perusahaan yang melakukan penelitian, penghargaan yang tinggi bagi para peneliti, dll. Akibatnya, membanjirlah para peneliti dari negara maju serta perusahaan-perusahaan besar ke Singapura.
Sebagai generasi muda penerus bangsa kita harus bisa menjawab semua tantangan itu,kita harus bisa menyelesaikan permasalahan itu dengan mengembangkan teknologi yang mana teknologi itu bisa menjadikan bangsa Indonesia untuk lebih maju kedepanya dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia.Untuk itu pemerintah sebaiknya lebih mengenalkan ilmu mengenai teknologi tepat guna kepada generasi muda penerus bangsa Indonesia sejak dini agar kedepanya bisa memajukan bangsa Indonesia terutama di bidang pendidikan dan teknologinya. Jangan sampai kita terjebak dalam lubang hitam teknologi dan jangan sampai generasi penerus Indonesia terperangkap dampak negatif teknologi, terutama Internet yang semua hal ada didalamnya.
Teknologi tepat guna adalah teknologi yang berdaya guna positif membangun Indonesia yang tidak menimbulkan resiko negatif pemakainya baik secara fisik dan psikisnya. Adapun tepat mutu lebih menonjolkan sisi kualitas dari teknologi tersebut. Tentunya seiring perkembangan waktu, teknologi itu harus mengalami peningkatan mutu. Adalah cita-cita kita bersama untuk menjadi bangsa besar dan disegani. Bangsa yang memiliki rakyat yang makmur, aman dan sejahtera. Fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi dan kepentingan umum lainnya bisa dengan mudah dijangkau.
Dan ahirnya memang bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalik telapak tangan untuk bisa memajukan negara Indonesia kedepanya.Namun dengan perhatian yang besar dari pemerintah serta kerjasama yang baik antara akademisi, bisnis, pemerintah dan komunitas ,hal ini pasti bisa terwujud.maju terus generasi muda jayalah Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar